Cek Fisik Honda Supra X 125

Untuk rekan-rekan yang ingin melakukan cek fisik secara mandiri pada kendaraan bermotor dengan merek Honda Supra X 125, saya akan menjelaskan sedikit tips yang mudah-mudahan dapat membantu. Cek fisik sendiri secara garis besar adalah menggosok nomor mesin dan nomor rangka kendaraan menggunakan stiker yang bisa didapatkan secara gratis di kantor samsat. Sebenarnya kantor samsat sendiri menyediakan jasa cek fisik gratis, namun seringkali terdapat kendala yang menyebabkan kita mau tidak mau harus melakukan cek fisik mandiri (misal tidak bisa mengambil stiker karena ketidaklengkapan surat-surat kendaraan sehingga cek fisik dilakukan bermodalkan selotip kertas yang akan diteruskan ke calo).

Oke langsung saja akan dijelaskan secara ringkas, posisi nomor mesin pada Honda Supra X 125 terdapat dibawah mesin dekat rem kaki kiri, sedangkan nomor rangka terukir pada batang tegak diatas ban depan motor. Sedikit tips, lakukan pengamatan dari sisi kiri motor karena seluruh nomor hanya dapat dilihat dari kiri. Nomor rangka sendiri agak sedikit menjorok ke dalam, sehingga diperlukan penerangan yang cukup apabila akan melihatnya di malam hari. Proses penggosokan sendiri cukup sederhana, stiker ditempelkan pada nomor yang terukir pada besi kemudian digosok menggunakan pensil hingga nomor tercetak pada stiker kertas. Untuk nomor mesin sendiri cukup mudah, namun untuk nomor rangka agak sedikit tricky, dimana stiker ditempelkan terlebih dahulu secara vertikal menggunakan bantuan pensil, barulah kemudian mulai digosok untuk memastikan seluruh nomor tercetak pada stiker (nomor rangka lebih panjang dari nomor mesin sehingga membutuhkan hampir seluruh space stiker).

Setelah nomor telah tercetak pada stiker jangan lupa untuk melakukan kroscek dengan nomor yang tertera pada stnk, pastikan tidak ada yang tertinggal atau kurang jelas tercetak. Setelah cocok, tempelkan kembali stiker pada lembaran cek fisik untuk selanjutnya dibawa kembali ke samsat untuk prosedur selanjutnya. Selamat mencoba.

posisi nomor mesin dan nomor rangka honda supra x 125

nomor mesin honda supra x 125

nomor rangka honda supra x 125

memasukkan stiker dengan bantuan

Iklan

About imelwa


48 responses to “Cek Fisik Honda Supra X 125

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: