Do what you want to do

Well mungkin beberapa dari anda ada yg memiliki kebiasaan yang mirip dengan saya. Malas? Salah satunya. Lainnya, saya suka mengerjakan sesuatu yg menarik buat saya. Lainnya lagi, kadang hal tersebut hanya bertahan tidak lama, sebulan, seminggu, sehari, bahkan sejam kemudian dirasa tidak lagi menarik. Oke berita baik buat anda semua karena saya mulai menemukan solusi untuk mengembalikan semangat kerja sama seperti ketika pertama kali kita meniatkan diri untuk mengerjakannya dengan sepenuh hati, sebelum akhirnya ditelan waktu.

Pertama lakukanlah hal yang mungkin akan mengingatkan kembali akan kesenangan mengerjakan suatu hal. Pada suatu saat saya membaca status sahabat lama yang bercerita mengenai kehidupan kuliahnya di luar negeri, membuat saya terpacu untuk kembali belajar atau sekedar menulis persiapan tesis. Dalam hal lain saya sedang membaca berita online yang kemudian mengarahkan saya ke informasi kuliner yang memicu saya untuk memasak sesuatu yg menarik. Dan yang terakhir saat saya membaca posting twitter seseorang yang kemudian mengarahkan saya ke sebuah link blog, yang selanjutnya memantik diri saya untuk kembali menulis blog.

Kedua, ketika feeling sudah mulai didapatkan segeralah kerjakan! Jangan menunda karena menunda adalah buah setan yang efeknya jauh lebih berbahaya dari buah simalakama. Segeralah mulai walaupun hanya dengan memegang buku dan membaca kata pengantar, menyiapkan pisau dan talenan, ataupun membuka browser dan menulis sebaris judul pada kolom wordpress. Percayalah bahwa sentuhan pertama bukanlah yang terbaik, namun sentuhan pertama adalah pembuka bagi suatu gebrakan besar yang mungkin tidak anda sadari sebelumnya.

Terakhir, yang mungkin terlupakan oleh sebagian orang adalah jangan pernah lupa menyimpan hasil pekerjaan anda dengan baik. Pasanglah status progres tesis anda di twitter, unggah foto masakan pertama anda di facebook, atau share link blog anda kepada kerabat dan teman-teman sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras anda. Mungkin suatu saat ketika kesenangan pada suatu pekerjaan mulai hilang karena waktu dan kesibukan, yang perlu dilakukan hanyalah kembali melihat ke belakang dan memulai segalanya dari awal lagi 🙂

Semoga bermanfaat.

About imelwa


Tinggalkan Balasan

