WordPress atau Blogspot

Dulu jika disuruh memilih penyedia layanan blog sudah tentu saya akan memilih wordpress dibandingkan blogspot. Hal pertama yang mudah diterima adalah kemudahan. Yang saya maksud kemudahan adalah usaha yang harus saya tempuh untuk membuat posting baru, mengedit, menghapus, serta menerbitkan ke dunia maya. Dalam hal ini dashboard wordpress memiliki keunggulan dari sisi desain dan pilihan menu. Hal lain yang menjadi perhatian adalah pilihan tampilan yang menurut saya pribadi terlihat lebih pro dibanding blogspot yang cenderung alay karena terlalu banyak memberi kebebasan sehingga malah memperburuk image sebagai blog yang menyediakan bacaan bermutu. Dengan sederet alasan yang mungkin bisa saya buat-buat sendiri, jadilah wordpress saya gunakan beberapa tahun ini untuk menampung segala aspirasi saya dalam dunia maya.

Segalanya berubah ketika google memutuskan melakukan perombakan terhadap beberapa layanannya, termasuk blogspot (blogger). Yang menarik adalah layanan utama yang dikedepankan yaitu konektivitas dengan seluruh layanan google, yang mana hal tersebut hingga saat ini tidak mampu disediakan oleh penyedia blog manapun. Satu hal yang saya tangkap dari sini adalah konektivitas berarti kemudahan. Adapun kemudahan dalam hal ini adalah penyimpanan gambar yang terhubung dengan picasa, publisitas blog yang terhubung dengan circle google+, dan mungkin banyak hal lain yang belum sempat saya eksplorasi lebih dalam. Untuk menunjukkan keseriusannya, google tidak segan mengubah tampilan blogspot menjadi sangat sederhana melebihi dashboard wordpress yang makin sesak dengan menu dan toolbar. Yang lebih menarik lagi adalah tampilan entri baru yang sangat mirip dengan aplikasi word prosesing sederhana sehingga begitu familiar dan bersih, memudahkan penulisan maupun hal lain terkait pembuatan post baru. Saya sendiri masih menunggu kejutan-kejutan lain yang akan dihadirkan blogspot, sebelum saya benar-benar menjatuhkan pilihan pada penyedia blog yang satu ini.

Bagi yang ingin mengunjungi versi coba-coba dari blogspot saya bisa coba mengunjungi imelwa.blogspot.com

About imelwa


10 responses to “WordPress atau Blogspot

Tinggalkan Balasan

