Menemukan Gagasan di Balik Tumpukan Artikel dan Paper Iimiah

sebuah tulisan dari seorang teman yang sedang mengejar mimpi

Winnu Ayi

Seminggu penuh membaca banyak artikel, paper, dan jurnal ilmiah yang diterbitkan IEEE dan ACM, sekitar 20-an paper, ternyata menyenangkan juga. Seperti lupa dunia dan tenggelam dalam pencarian pengetahuan sebanyak-banyaknya. Serasa mahasiswa S3 yang dikejar deadline untuk mempublikasikan paper di sebuah konferensi.

Menelusuri referensi yang ada di halaman belakang, melihat seberapa banyak dikutip paper lainnya di Google Scholar untuk mengetahui seberapa berkualitasnya paper, dan tentu di-print dalam bentuk hardcopy.

Biarlah tinta asli printer Lexmark Z600 Series, yang harganya 22 Euro di Jerman sebanding dengan harga printer itu sendiri di Indonesia, digunakan. Asalkan banyak pengetahuan bisa diserap.

Beruntung universitas memiliki akses IEEE, ACM, dan beberapa website lainnya untuk men-download artikel, paper, dan jurnal ilmiah. Kesempatan yang tidak boleh disia-siakan selama menjadi mahasiswa di sini.

Dan setelah membaca tumpukan paper-paper yang berserakan memenuhi meja dan kasur selama seminggu ini muncul beberapa gagasan menarik dan sederhana. Meskipun, cukup banyak juga paper-paper yang…

Lihat pos aslinya 833 kata lagi

Iklan

About imelwa


2 responses to “Menemukan Gagasan di Balik Tumpukan Artikel dan Paper Iimiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: