Review: 40 Days in Europe

Saya memang bukan penggemar novel, namun jika sampai ada yang terbaca habis maka tidak ada salahnya di-share mudah-mudahan bisa membawa manfaat. Judulnya adalah 40 Days in Europe buah karya Maulana M Syuhada. Novel ini ditemukan secara tidak sengaja di stand buku-buku stok sisa (yang rajin ke gramedia bandung pasti tahu tempatnya), uniknya novel ini letaknya tersembunyi di dalam tumpukan buku anak-anak. Saat ditemukan buku ini terlihat lusuh namun karena tinggal satu dan terlihat cukup berharga saya coba untuk membaca secara ringkas. Walau judulnya berbahasa inggris, namun isinya menceritakan perjalanan perjalanan kelompok paduan angklung SMA 3 Bandung berkeliling Eropa. Lebih menarik lagi ketika membaca salah satu tokoh dalam cerita yaitu Desiree adalah senior saya di kampus sehingga tanpa keraguan saya menebus novel tersebut seharga Rp25000 -cukup murah mengingat bukunya tebal hardcover walau sedikit lusuh.

Inilah kisah 35 musisi asal Indonesia yang tak pernah menyerah meskipun didera bencana keuangan dan bahkan terancam batal berangkat ke Eropa. Pada titik ekstrem semua kesulitan mereka berujung pada pilihan yang tak mungkin: menggelandang di Eropa atau pulang dengan berenang melewati selat Inggris!

Walaupun tertatih, kelompok seniman yang membawa misi Expand the Sound of Angklung ini terus menebar pesona di seantero Eropa. Berbagai kota mereka taklukkan. Semua terkesan. Semua takjub. Lalu…tangis pun pecah saat lagu “Indonesia Raya” mengalun pelan di senyapnya sudut-sudut kota Eropa.

Beberapa hal yang dipetik dari kisah nyata dalam novel ini, jangan pernah putus asa dengan keadaan yang ada, dengan doa dan kerja keras segala hal pasti dapat diselesaikan. Sangat menginspirasi.

40 Days in Europe

Iklan

About imelwa


2 responses to “Review: 40 Days in Europe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: