Tes Kerja Pertama

Cerita ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya mengenai susahnya mencari kerja. Sehari setelah memasukkan cv ke sebuah sebuah perusahaan operator telekomunikasi saya mendapat undangan melalui sms untuk mengikuti tes seleksi kerja. Tes sendiri dilakukan di lingkungan kampus pada pagi hari. Pada hari yang telah ditentukan saya telah berada di lokasi 10 menit lebih awal dengan membawa form aplikasi lamaran, cv, dan fotokopi indentitas diri. Tes menggunakan dua ruangan dengan jumlah peserta puluhan orang dari berbagai latar belakang universitas dan pendidikan.

 Materi pertama dijadwalkan berupa tes psikologi namun yang saya dapati benar-benar jauh dari harapan. Tidak ada soal kemampuan bahasa, deret bilangan, apalagi menggambar pohon. Seluruh soal berupa permasalahan sehari-hari di lingkungan kerja profesional, diantaranya berupa logika pengambilan keputusan manajerial, membaca grafik pendapatan, serta penilaian kinerja pegawai berdasarkan parameter-parameter yang telah ditentukan. Kesulitan utama lebih kepada istilah-istilah bisnis manajemen yang mungkin masih asing di telinga saya, sedangkan sisanya masih bisa dinalar secara logika.

 Materi selanjutnya yaitu tes bahasa inggris, walaupun masih identik dengan penggunaan istilah-istilah bisnis namun lebih mudah dibanding tes sebelumnya dikarenakan tes ini lebih menitikberatkan pada kemampuan bahasa inggris. Garis besar materi yang diujikan diantaranya listening, reading, dan structure.

 Tes diakhiri siang hari dan bagi yang lolos akan melanjutkan dengan discussion group. Sejam kemudian sejumlah nama diumumkan dan Alhamdulillah saya terdapat di dalamnya. Beberapa menit kemudian saya langsung mengikuti tes selanjutnya yaitu diskusi kelompok dengan 6 peserta lainnya di ruang rapat tertutup yang dilengkapi kamera video yang akan merekam kegiatan diskusi. Kita diposisikan sebagai karyawan perusahaan x yang sedang membahas isu mengenai suatu produk, dampaknya terhadap posisi perusahaan serta solusi yang akan ditawarkan. Diskusi berjalan sekitar satu jam dan pengumuman kelulusan akan diinformasikan dalam waktu yang tidak ditentukan untuk mengikuti tes selanjutnya.

 Satu hal yang menarik adalah ini merupakan tes kerja pertama saya. Begitu banyak hal menarik yang bisa diceritakan dengan antusiasme tinggi berbalut ketegangan layaknya menonton gelaran sepakbola. Mohon doanya saja semoga diberikan kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Amin.

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: