Review: Ayam Kremes Kraton (Kotak)

Sepertinya sudah lama tidak membahas tentang makanan. Yang beruntung kali ini untuk dinikmati adalah Ayam Kremes Kraton (AKK). Selayang pandang sedikit mencontek dari google, AKK sejatinya adalah sebuah rumah makan ayam kremes di bilangan Tebet Jakarta yang konon kabarnya memiliki nilai lebih dalam hal pengalaman santap ala pedesaan dengan berbagai varian menu kremes. Namun yang akan dibahas disini adalah AKK paket makanan kotak cepat saji yang akhir-akhir ini sering sangat familiar terutama di kalangan pekerja malam di kantor.

Kita mulai dari penyajian, dalam kotak berukuran kira-kira seperti kotak kue di acara sunatan (maaf belum diukur) bewarna kuning solid dengan logo khas (ayam?) yang 100% halal bersertifikat, memudahkan untuk mobilisasi, kuat dan steril. Untuk menu standar Ayam Kremes maka ketika dibuka akan tampak gundukan nasi hangat kuku, sepotong Ayam yang telah digoreng hingga kuning keemasan, dilengkapi dengan sayur lalapan kubis, sambal, dan tentu saja gorengan kremes sebagai pelengkap. Penulis mencoba mencicipi ayam gorengnya terlebih dahulu. Luar biasa ayam terasa garing pada bagian luar namun lembut pada bagian dalam dengan kandungan minyak yang tidak berlebihan. Nasi putih masih berasa hangat dan lembut, lalapan renyah dan segar serta sambal dengan rasa khas pedas manis.

Satu-satunya hal yang membingungkan adalah bagaimana mengkombinasikan seluruh makanan sehingga menciptakan suatu pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Penulis akan mencoba menuliskan tips pribadi terutama dengan peralatan dan kondisi lapangan yang terbatas. Pertama masukkan sambal ke dalam bungkusan kremes yang sudah diremas-remas sehingga menciptakan kesatuan kremes pedas asin manis, lalu siramkan diatas nasi.  Kuah sambal akan mengalir diantara rongga nasi yang hangat kemudian barulah disantap dengan ayam. Lalapan seperti biasa dinikmati sebagai pencuci mulut sekaligus pencuci tangan yang kotor akibat minyak dan sambal.

AKK Luar

AKK Cover

AKK Dalam

AKK in Action

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: