Ramadhan 2013 day 2

Assalamualaikum,

masih semangat semuanyaa. Hari kedua telah dilalui dengan baik, saf tarawih masih terlihat penuh hingga keluar mesjid dan alunan suara para pembaca Quran terdengar dimana-mana. Adapun topik kali ini adalah Kharaj (maaf jika terjadi kesalahan penulisan yang bisa menjadikan perubahan arti) yang dimaksud disini adalah beribadah di saat-saat yang sulit. Jadi Alloh menjajikan pahala bagi orang yang rajin beribadah, makin sulit tantangannya makin besar pahala yang akan diterima. Sebagai contoh orang yang lancar membaca Quran akan bersama dengan malaikat yang mulia sedangkan yang membaca Quran dengan sulit (terbata-bata) baginya dua pahala yaitu pahala membaca Quran dan pahala ibadah dalam kesulitan.

Yang menarik aku soroti adalah pernyataan (mungkin lebih mirip guyonan) dari pak ustadz mengenai orang kaya yang membanggakan hartanya merupakan hal yang wajar karena orang tersebut memang sudah kaya sehingga memiliki harta untuk dibanggakan, mungkin berbeda apabila ada orang miskin yang kemudian membanggakan hartanya malah kemungkinan besar akan menjadi fitnah yang tidak akan menambah nilai pada dirinya. Akan lebih baik apabila seseorang membanggakan ibadah, yang bisa dicapai baik orang kaya miskin tua maupun muda. Namun ibadah yang dibanggakan oleh orang tua sudah tentu berbeda dengan ibadah yang dilakukan anak muda, karena orang tua sudah tentu tidak memiliki aktivitas lain sehingga menjelang akhir usia cenderung memperbanyak ibadah sedangkan anak muda dengan penuh energi dan pemikiran memiliki banyak pilihan antara beribadah atau kegiatan lainnya sehingga dapat dikatakan ibadahnya anak muda adalah ibadah dalam keadaan sulit.

Oleh karena itu Alloh menjanjikan 7 golongan yang pasti masuk surga diantaranya adalah anak muda yang sebagian besar (atau seluruh waktunya) dihabiskan untuk beribadah, serta laki-laki yang digoda oleh wanita cantik kaya baik hati tidak sombong rajin menambung anak tukang bubur yang berhasil naik haji namun ditolak mentah-mentah sambil berkata dengan lantang bahwa dirinya takut kepada Alloh. Lagi-lagi contoh tersebut menunjukkan besarnya ganjaran yang didapat bagi mereka yang beribadah di saat sulit, oleh karena itu jadikanlah setiap tantangan dalam beribadah sebagai peluang untuk mendapatkan pahala yang lebih besar lagi dari Alloh. Semoga kita termasuk orang-orang yang diberikan kekuatan untuk beribadah di saat sulit. Amiin.

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: