Passion vs Kerja Keras

Lagi mencari pembenaran. Oke saya bukan aliran orang pengikut passion, mungkin salah satunya akibat lebih banyak berkecimpung dalam tempat yang sama sekali bukan passion saya. Namun tulisan kali ini bukan untuk berdebat mengenai mana yang benar dan yang salah tapi hanya untuk berbagi sudut pandang mengenai seseorang sebut saja namanya Mark Cuban yang bercerita mengenai hubungan kerja keras dan passion dalam tulisannya yang saya sadur dari http://elitedaily.com/money/entrepreneurship/follow-passion-follow-effort.

Make Cuban makes his point as clear as possible:
1. When you work hard at something you become good at it.
2. When you become good at doing something, you will enjoy it more.
3. When you enjoy doing something, there is a very good chance you will become passionate or more passionate about it
4. When you are good at something, passionate and work even harder to excel and be the best at it, good things happen.

Saya murni penganut faham kerja keras dan tulisan beliau menyadarkan saya bahwa ikan pun bisa memanjat pohon. Ya mungkin ada yang pernah bercerita mengenai bagaimana monyet, ikan, burung, katak, dikumpulkan dalam satu kantor dan ditugaskan untuk memetik kelapa di atas pohon. Tentu saja monyet dengan mudah melakukannya sementara ikan akan menjadi pecundang. Akan lebih baik ikan pindah kantor karena dia bagusnya kerja di air tapi siapa yang bisa tahu kalau jika ikan bekerja keras dia akan dapat melampaui monyet yang kerjanya hanya bermalas-malasan karena menganggap dirinya cerdas.

Analogi ini sangat tidak masuk akal dalam dunia hewan, namun untuk manusia tidak ada yang tidak mungkin. Jikalau kerja keras belum berbuah maka fungsi doa akan menjadi utama. Kombinasi keduanya akan menjadi kekuatan utama minimal untuk menemukan passion kita. Dan mengutip kata Mark Cuban, pada akhirnya good things (always) happen 🙂

Amiin.

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: