Mega Kuningan (tidak) Banjir

Musim hujan seperti ini sepertinya kurang afdol kalau tidak membahas banjir, apalagi jika dihubung-hubungkan dengan ibukota Jakarta yang notabene jadi homebase DTJP saat ini. Masalah banjir sepertinya tidak pernah lepas dari kota ini, meskipun pemerintah mengklaim jumlahnya jauh berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kami sendiri sadar tidak bisa berbuat banyak kecuali memberikan sumbangsih berupa sebuah tulisan yang menjadi satu-satunya core competence kami saat ini.

banjir

Jika diamati lebih cermat, terdapat beberapa daerah yang sama sekali tidak terpengaruh banjir salah satunya kawasan Mega Kuningan. Bahkan rekam jejak pada mesin pencari google memberikan hasil mengejutkan dimana nyaris tidak ada pembahasan mengenai banjir di kawasan ini. Disini kami akan memberikan analisa singkat mengenai kawasan yang kita kenal sebagai salah satu pusat bisnis ibukota ini. Kunci utama dari terbebasnya Mega Kuningan dari banjir adalah adanya daerah resapan air dan sistem irigasi yang baik. Mungkin terdengar dangkal dan sama sekali tidak ilmiah, namun pada beberapa titik di daerah ini memang memiliki daerah resapan air yang cukup besar sehingga memungkinkan untuk menampung curah hujan yang jatuh di sekitarnya sehingga tidak mengakibatkan genangan. Hal lain adalah sistem irigasi yang mungkin memang khusus dirancang untuk kawasan bisnis, dimana terdapat reservoir bawah tanah yang cukup baik mengalirkan air keluar dari kawasan sehingga tidak terjadi penumpukan pada satu titik.

resapan

Namun ke depannya Mega Kuningan dihadapkan pada kenyataan pembangunan di beberapa daerah resapan air sehingga kita tidak pernah tahu sampai kapan kawasan ini akan mampu menahan gempuran hujan. Saya harap Pak Jokowi dan Pak Ahok mampu menjadikan Jakarta lebih baik, sehingga kita semua dapat beraktivitas secara produktif dan maksimal.

marriot

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: