Ramadhan 1435H – Day #4

Bismillah. Late post hari ke 4. Tema hari ini adalah produktivitas di bulan Ramadhan. Seringkali tingkat produktivitas muslim makin menurun manakala memasuki bulan Ramadhan, dengan alasan klasik menjalani puasa seharusnya tidak menjadikan kita lemah dan tidak termotivasi untuk menjadi lebih baik. Padahal Rasulullah mengajarkan untuk lebih intensif dalam bekerja dan beribadah karena Alloh membukakan segala ladang pahala dan pintu rezekinya pada bulan yang suci ini. Adapun salah satu hadits yang dijadikan senjata adalah sebagai berikut :

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.

Namun setelah ditelusuri ternyata hadits ini adalah termasuk hadits yang dhoif (lemah) sehingga tidak dapat dijadikan rujukan dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah sendiri mengajarkan untuk lebih mengoptimalkan bulan Ramadhan dengan prioritisasi pekerjaan dimana lebih menitikberatkan pada ibadah-ibadah penting dan mengurangi pekerjaan yang tidak bermanfaat.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang melakukan qiyam ramadhan, didasari iman dan mengharapkan pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat. (HR. Bukhari 37 & Muslim 759).

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Nasai 1605, Turmudzi 806, dan dishahihkan al-Albani).

Luar biasa sekali pahala yang didapatkan di bulan Ramadhan. Sayang sekali baru menginjak hari ke 4 saf di mesjid sudah mulai mengalami banyak kemajuan (makin maju ke depan karena berkurangnya jamaah), tarawih hanya sampai 8 rakaat padahal imam masjid lanjut sampai 20, dan banyak hal lain yang cukup memprihatinkan terjadi di sekitar kita. Mudah-mudahan kita selalu diberikan petunjuk dan semakin produktif dalam mendekatkan diri kepada Alloh. Amiin.

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: