Ramadhan 1435H – Day #5

Bismillah. Update hari ke 5. Alhamdulillah hari ini diberi kelebihan ilmu untuk dapat mempelajari Al-Quran dengan lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari kajian bada Dzuhur dengan mengambil topik Al-Quran. Bahasan pertama mengenai apa itu AlQuran, manfaat serta kelebihannya, lalu diselipkan kisah mengenai para muslim berusia muda namun sudah mendapat karunia dari Alloh untuk dapat menjadi penghafal Quran. Yang menarik adalah ustadz tidak hanya menceritakan namun juga berbagi tips bagaimana menghafal Quran semudah tersenyum. Ya, menghafal Quran semudah tersenyum, spanduk yang selalu penulis baca ketika memasuki kota Jakarta dari arah tol cikampek, yang dalam hati selalu berfikir apakah ini adalah salah satu gimmick marketing yang ujung-ujungnya duit (lagi).

Namun pemikiran penulis sirna seketika setelah merasakan “demo langsung” dengan mencoba menghafal satu ayat random, saat itu menggunakan surat Adz-dzariyat ayat 47.

وَ السَّماءَ بَنَيْناها بِأَيْدٍ وَ إِنَّا لَمُوسِعُونَ

Dan langit itu Kami bangun dengan kekuatan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar selalu meluaskannya.

Seperti sulap, kurang dari 4 menit sudah hafal satu ayat, kemudian ditambah lagi dengan ayat 48 total kurang dari 10 menit hampir seluruh jamaah di mesjid sudah hafal 2 ayat.

وَ الْأَرْضَ فَرَشْناها فَنِعْمَ الْماهِدُونَ

Dan bumi itu Kami hamparkan; dan Kami adalah sebaik-baik yang menghamparkan.

Yang unik dari teknik menghafal ini adalah mengharuskan kita tidak menggunakan otak, melupakan semua dan berfokus mengikuti arahan ustadz dengan suara yang keras dan gerakan yang sesuai. Ya, semakin keras semakin cepat hafalnya dan dibantu dengan gerakan tubuh sesuai dengan arti ayat yang dihafalkan. Teknik ini diklaim mirip dengan bagaimana Nabi Muhammad menerima wahyu berupa ayat Quran dari Malaikat Jibril, dimana Nabi Muhammad diharuskan mengikuti apa yang diucapkan Malaikat Jibril. Kelebihan teknik ini sendiri selain lebih mudah melekat di memori juga lengkap dengan arti per kata/per ayat dan tajwid (makhraj, panjang pendek) yang baik sesuai dengan apa yang dicontohkan sang ustadz.

Benar-benar suatu pendekatan yang menarik, yang ingin lebih tahu mengenai detailnya dapat membeli buku/cd metode menghafal Al Quran Kauny Quantum Memory, atau bisa langsung berkunjung ke situs resminya www.kaunyquantummemory.org.

Notes:

Tulisan ini tidak disponsori oleh organisasi/produk apapun, murni sebagai rujukan untuk kepentingan pendidikan umat muslim.

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: