Ramadhan 1435H – Day #9

Bismillah. Ramadhan hari ke 9. Topik kajian hari ini mengenai Ramadhan dan etos kerja. Cuma entah kenapa beberapa poin tidak tersisa di memori, mungkin karena bertepatan dengan lomba tahsin dan tahfidz ramadhan.

Sebenarnya sama sekali tidak niatan untuk berpartisipasi pada kedua even tahunan perusahaan menyambut lebaran tahun ini. Ya mungkin ada sedikit niatan namun menilik pengalaman tahun kemarin mungkin hanya ajakan yang benar-benar tulus yang bisa menggoyahkan iman untuk turut serta mendaftar kurang lebih satu jam sebelum lomba dimulai. Hanya berbekal keimanan dan ketaqwaan seadanya dengan niat tulus ingin mengisi Ramadhan dengan lebih mendekatkan diri kepada Alloh maka dengan mengucap Bismillah aku maju ke depan meja peserta. Tahsin membaca surat Al-Mulk ayat 18 dst, terlihat begitu mudah terutama saat sendiri ataupun berjamaah dalam mesjid namun sangat kontras ketika berhadapan dengan dewan juri disaksikan belasan (?) mata penonton yang memadati ruang training 1 dan 2. Sangat tegang, sepertinya sudah puluhan tahun lamanya tidak mengaji di hadapan begitu banyak orang yang menyimak secara serius. Alhamdulillah walau sempat terpatah-patah lambat laun akhirnya mulai beradaptasi, kuncinya adalah fokus dan menarik nafas panjang untuk jeda antar ayat. Namun lain cerita dengan tahfidz, tanpa persiapan yang baik yang terjadi adalah terburu-buru. Juri memberikan potongan ayat dan peserta harus melanjutkan, kesalahan adalah ketika aku lebih fokus untuk melanjutkan dengan cepat sampai selesai dibandingkan dengan melanjutkan dengan benar. Tidak ada yang baik dicapai dengan terburu-buru, sangat buruk terutama untuk panjang pendek dan makhrajnya.

Akhirul kalam mungkin ini adalah cara Alloh untuk menegur manusia yang lalai seperti diriku. Mudah-mudahan masih diberikan kemudahan untuk lebih memperdalam ilmu dan amal di bulan yang suci ini dan di bulan-bulan seterusnya. Amiin.

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: