Mengembalikan File Tersembunyi (Restore Hidden File)

Syahdan bayangkan suatu ketika kita hendak menyalin dokumen (copy file) dari komputer lain menggunakan flashdisk. Semua terlihat lancar namun ketika berpindah ke komputer kita seluruh data dalam flashdisk berubah menjadi file exe ataupun inc (shortcut). Tidak perlu panik karena hal ini bisa jadi karena adanya virus pada komputer sebelumnya yang bekerja dengan cara menyembunyikan file asli dan menggantinya dengan file palsu nan berbahaya. Dalam tulisan kali ini akan dijelaskan bagaimana mengembalikan file asli ke kondisi semula dengan cara yang paling sederhana.

Pertama lakukan scan pada flashdisk, pastikan seluruh virus tertangkap dan diamankan. Tidak perlu kuatir apabila setelah proses scan selesai maka flashdisk akan menjadi kosong, karena sebenarnya file asli masih terdapat disana hanya saja tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol start menu, ketik “cmd” pada kolom search program. Akan muncul aplikasi cmd.exe pada baris pertama, klik kanan lalu pilih run as administrator.

virus

Jendela hitam akan muncul, tidak perlu panik dan berkecil hati cukup ketik perintah sesuai dengan format di bawah ini.

attrib -H -S [Drive Flashdisk]:\*.* /S /D

Perintah attrib digunakan untuk menambah atau menghilangkan atribut file. -H artinya menghilangkan atribut Hidden (file bersifat tersembunyi), sedangkan -S artinya menghilangkan atribut System (file bagian dari system windows sehingga tidak boleh ditampilkan). [Drive Flashdisk] adalah alfabet drive dari flashdisk yang tertera pada komputer misal D, E, F, G, dsb. Bintang titik bintang (:\*.*) artinya perintah yang digunakan mencakup seluruh file dalam flashdisk. /S akan melakukan eksekusi perintah secara rekursif ke dalam semua subfolder, dan /D akan memunculkan folder jika sebelumnya tidak terlihat (hidden).

Sebagai contoh seperti di bawah ini, flashdisk bernama GOLF berada di G maka menggunakan perintah

attrib -H -S G:\*.* /S /D

attrib

Iklan

About imelwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: